Posted by: Larissa Rena | March 18, 2008

Mie Instan : PLO Mahasiswa

Mie instan adalah jenis makanan yang paling populer sebagai PLO (Penangkal Lapar Orang- bukan Penangkis Lapar Orang kalo kata Kedai Baso Bakar, peace (”,)v) buat kalangan mahasiswa. Yah nomor 2 setelah pop mie kali ya? Karena pop mie lebih praktis lagi, cukup “add hot water, please”. Makanya Lab RPL laku berat jualan ini heehee…

Mie kuah atau mie goreng? Saya selalu bingung milihnya, dua-duanya enak dengan cita rasa masing-masing. Coba kita bikin polling lebih banyak mana pendukung mie kuah atau mie goreng? Hwehehe OOT…

Kembali ke pokok permasalahan.. Pernah bosen ga makan mie instan? Kalo iya, ga usah khawatir. Dengan sedikit usaha lebih, kita bisa nikmatin mie instan dengan penyajian lain. Kita bisa buat lebih bergizi juga tentunya. Nah, resep mie instan++ ini yang akan saya ceritakan di birokuliner, pada postingan berikutnya. *jadi ini baru teaser aja, sekalian coba-coba posting hohoho…*

selamat menikmati!

Posted by: Umi Syam | March 17, 2008

Acara Masak Bareng2 di rumah ARYO

Yak benar.. mengawali libur panjang yang dicanangkan pemerintah pada mulai dari hari Kamis besok, BIRO KULINER secara sukacita dan berbahagia mengajak rekan-rekan Chef sekalian (halah) untuk mengikuti acara berikut:

Judulnya : “Memasak Bareng di Rumah ARYO”

Hari tanggal : Kamis, 20 Maret 2008, jam 9 pagi kumpul di himpunan ato Gerbang Depan (menyusul)

Tempat : Rumah ARYO

Kegiatan : Masak ++ (plus plus disini maksudnya plus makan, plus icip2, dan plus cuci piring.. jadi jangan coba-coba kabur sebelum acara selesai!)

Iuran : ga ada! tapi,, ada tapinyaa…..

Ehm, jadi begini penjelasan detilnya. Jadi kegiatan memasak kali ini, ada 4 macam kuliner yang akan dibuat. Appetizer, main course, dessert, ama minuman. Nah, tiap jenis ini punya PJnya sendiri-sendiri. PJ appetizer Ume, PJ main course-nya gw lupa, PJ dessert nya gw lupa juga., dan PJ minuman.. emm… gw ga ngedengerin waktu itu. Ahahaha.. Jadi tolong yah ini dilengkapi🙂

Kalo udah pada tau PJnya siapa-siapa aja, silakan para Chef memilih jenis makanan apa yang ingin dieksplorasi. Tinggal lapor aja ke PJnya. Kita juga butuh sukarela logistik nih soalnya katanya Aryo ga punya piring sampe 20 biji gituh,, teruss… wajan kali ya,, eh ntar juga jangan lupa dong dibahas barang-barang apa, dibawa oleh siapa. Gw sih sukarela buat bawa sop krim instan aja kali ya., hihi. Pokoknya kalo yang merasa punya bahan makanan gak abis-abis di kosannya, bawa aja! Pasti kita olah….. Contonya nih gw punya nutrijel udah dari jaman TPB belom gw masak2 juga,, *uupss kok udah gw bilang ya*, pasti akan gw bawa deh…….

Dan selanjutnya masalah tempat. Sekedar info, jadi Rumah ARYO ituh.. ada di Antapani. Jadi kalo lagi pegang peta Bandung, itu tuh yah… cukup deket sih, cuman sejengkal kalo di peta. Nah masalahnya adalah gw sebenernya ga tau di Antapani mananya *nyampah abis*. Gw aja ga tau Antapani dimana🙂 Berikut udah diupload nih denah rumah Aryo. Klik aja buat memperbesar!

denah rumah aryo

Bagi yang… ehmm, setelah melihat denahnya tapi masih aja tetep bingung *kaya gw*, hehehe… Ada saran lanjutan dari Inay : “ikutin aja angkot Antapani”. Gyaaaaa…. haha..bermanfaat sekali nampaknya saran tersebut, hehe. Udahh.. makanya ngumpul aja dulu hari Rabu besok sore, buat ngomongin ini yaa..

Yak sebagai penutup, para chef sekalian… Marilah kita berterimakasih kepada pemerintah yang udah ngasih hari libur panjaaaaaaaaaang. Tapi nampaknya kita ga usah berterimakasih sama ITB karna udah ngasih kebijakan “Ujian selalu abis Libur”. huhh.. ga suka gw. hehehe.

sebenernya postingan gw ini agak2 ga penting mengingat ini lebih bersifat ‘nyampah’ daripada ‘info’, hehehehe…. Makanya tolong dilengkapi yah!!

NB: Pesan sponsor: Jangan lupa chef-chef yang sudah minta di-invite jadi Author ke admin,, harus nge-posting minimal sekali! Dan resep-resep tiap pertemuan juga jangan lupa ditulis.. Bawel ya gw, hehe.

Posted by: Prasetyo Andy W. | March 17, 2008

P3K the Series: Regal Bopasus

Bertemu lagi di seri P3K [Pertolongan Pertama Perut Keroncongan]!

Kali ini saya akan memberikan ramuan rahasia turun temurun yang berasal dari Eropa. Saya beri nama santapan ini “Regal Bopasus”! Singkatan dari Regal Bola Pake Susu! hehehe…

Santapan ini termasuk makanan ringan, namun bergizi dan mudah untuk dibuat dan tentunya mudah dimakan. Resep ini merupakan hasil ekplorasi saya dan adik saya. Tapi saya tidak tahu jikalau ternyata menu ini sudah ada di tempat lain😛

Bahan

  • Marie Regal secukupnya [bisa pakai merk lain, tapi yang enak pake Regal]
  • Susu kental manis secukupnya [bisa bendera, cap nona, cap lang maupun cap gajah duduk]
  • Mesis secukupnya [bisa merk ceres, ataupun merk lainnya]

Perlu disiapkan juga plastik bening untuk jadi sarung tangan, lalu wadah untuk tempat mengaduk.

Cara Pembuatan

Siapkan bahan-bahan yang disebutkan di atas ke tempat yang mudah anda jangkau. Lalu masukkan beberapa keping biskuit marie ke dalam wadah. Lalu hancurkan biskuit marie tersebut menjadi kecil kecil, tapi jangan sampai dihancurkan sampai lembut. Lalu kocorkan [duh, bahasanya..] susu kental manis ke dalam wadah secukupnya. Setelah itu aduk rata bongkahan biskuit marie dan susu kental manis tadi, sambil taburkan mesis secara merata. Aduk hingga merata. Lalu bentuk adonan tadi menjadi bola-bola. Anda bisa menambah susu kental manis dan menaburkan mesis lagi ke bola tadi sesuai selera. Setelah bola-bola tersebut selesai dibentuk. Masukkan ke dalam kulkas selama kira-kira setengah jam. Regal Bopasus siap disantap saat dingin.

Budget

Untuk satu bungkus regal ukuran regular sekitar 14.000, namun tersedia juga biskuit marie yang lain dengan harga yang lebih terjangkau, 4.000-8.000 saja. Susu kental manis dapat diminta dari anak kosan sebelah. Lalu mesis dapat memakai sisa roti tawar mesis :))

Dengan budget tak lebih dari 15.000 saja anda akan mempunyai cemilan yang sarat gizi😀

Selamat mencoba.

Maaf, kali ini tidak ada foto, dan semoga kita bertemu lagi di seri P3K selanjutnya! XOXO

Tingkat Kesulitan : Sangat Mudah

Posted by: -iQbaL- | March 15, 2008

Nasi Goreng Rasa Spaghetti

Hehe, resep pertama dari gw, dijamin ampuh ngobatin laper tapi harganya agak mahal😀. Karena ini postingan pertama dan gw belom bikin di rumah, jadi ga pake image dulu yah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan (untuk porsi 1 orang (yang laper banget) atau 2-3 orang (yang lapernya biasa aja):
-Nasi putih (1 piring besar)
-Telor ayam (2-3 biji, tergantung selera dan kadar kelaparan lo)
-Bawang merah (5-7 siung)
-bawang putih (4-6 siung)
-bawang bombay (1/2-1 biji)
-cabe merah (5-10 biji)
-minyak goreng (secukupnya)
-minyak wijen (secukupnya)
-kecap manis ()
-kecap inggris (dikit aja)
-garam (2-4 sendok teh)
-vetsin (3-5 sendok teh)
-saos sambel merk cap jempol atau merek 2 belibis (2-4 sendok makan)
-daging giling (secukupnya)
-oregano bubuk (secukupnya)
-oregano leaves (secukupnya)
-pasta tomat (1 sendok makan)
-bumbu spaghetti (2-4 sendok makan)

Cara masaknya gampang, pertama cincang bawang bombay atau potong melintang. Lalu, kupas bawang putih dan merah, potong-potong cabe merah masukin ulekan, campur sama garem, vetsin dan oregano bubuk, terus ulek. Buat proses pengulekan ini, terserah mau sampai halus banget atau ngga.

Kemudian, siapkan panci yang lumayan lebar, kalau bisa teflon (ga tau sebabnya apa milih teflon, tapi kayaknya keren aja kalo pake teflon😆 ). Terus, panasin minyak goreng. Pas udah panas, masukin semua bawang bombay, tumis ampe menguning. Kemudian masukin deh tuh hasil ulekan yang tadi, tumis juga sampai wangi (percaya deh, pas bagian ini wangi abis). Lalu, masukin daging giling, aduk-aduk. Setelah itu, masukin saos sambel, pasta tomat, minyak wijen, dan bumbu spaghetti (pasta tomat ini bener-bener kayak odol lembeknya, jadi butuh ketabahan untuk ngeratainnya). Aduk-aduk dikit, terus masukin telor, orak arik deh telornya sampai rata. Aduk-aduk terus telornya sampai mateng.

Setelah itu, masukin nasinya, aduk-aduk nasinya sampe nyampur sama bumbu-bumbu yang kita buat tadi. Kalau udah rata, masukin oregano leaves dan kecap manis ke wajan tadi, aduk-aduk lagi. Terus aduk-aduk sampe rata, dan terus aduk-aduk sampai nasi cukup mateng.

Setelah ini, masakan bisa kita tuang ke atas piring besar, atau dibagi-bagi ke piring-piring kecil. Masakan ini murni hasil eksperimen gw, bisa ditambah daging-daging lain saat masukin daging giling (untuk mengurangi ke-halal-annya, bisa juga dicampur minak babi, atau daging babi (tapi yang ini gw belum pernah nyoba)😆 ). Terus bisa juga ditaburin di atasnya bawang goreng, dan telor dadar yang udah dipotong-potong.

Selamat menikmati kawan-kawan!😀

Posted by: uchenk | March 15, 2008

semangka! waddah

ini resep minuman, cocoknya buat buka puasa.. terinspirasi dari jeruk-selasih-nata decoco-nya ewa dan mira. belum pernah direalisasikan di dunia nyata, cuman diracik di dalam pikiran doang.. kukikukikuki🙂

bahan:

  • semangka (sebaiknya yg tanpa biji, masalah kuning ato merah, itu sesuai selera masing2)
  • nata de coco
  • sirup warna merah (klo ga rasa salah yg merah itu rasa rose gitu)
  • terus gula secukupnya
  • es
  • lemon se-slice untuk hiasan

alat:

  • pisau
  • sendok
  • wadah yg besar (tau wadah kan? ituloh, wadah warohmah, halah, joke ini lagi..)

cara meracik:

  • potong semangka menjadi beberapa bagian (dlm bayangan saya, lebih baik jika 8 bagian. hal ini untuk memudahkan kita dalam menggerus daging semangka)
  • lalu gerus semangkanya/potong kecil2 banget juga boleh dah, kemudian masukkan ke dalam wadah
  • lalu, masukkan nata de coco ke dalam wadah juga
  • kemudian (hmmm, sepertinya udah pada bisa menebak ya) masukkan air sirup + gula yg udah diaduk, kedalam wadah juga
  • lalu masukkan es, juga ke dalam wadah
  • kemudian hidangkan.. dgn lemon se-slice..

semangka waddah
kira2 ntar jadinya ya begini ini. ini fotonya di search dari gugel.. kukikukikuki, selamat merealisasikan!

Posted by: Prasetyo Andy W. | March 12, 2008

Chili Roasted Salmon

 

Bukan, ini bukan [atau belum] hasil eksplorasi saya, tapi saya ingin mencoba resep ini jikalau ada kesempatan (baca: punya duit cukup, bahan2 lengkap dan skill yang asoy :D). Oleh karena itu, gw coba share resep aja, taken dari honey.com, karna gw dapet resep ini pas mau nonton BeeMovie.

Nama masakannya adalah Chili Roasted Salmon. Seperti kita ketahui, dan juga menurut saya, salmon adalah jenis makanan yang mudah untuk dikreasikan dan pasti enak. Mau di-pan fried, roasted, diasap sampai mentah pun enak dimakan!

Bahan
4 (masing2 sekitar 4 ons) salmon fillets
1 sendok makan balsamic vinegar
1 sendok makan madu
1 sendok teh chili powder
Garam secukupnya

Cara Memasak
Letakkan salmon pada wajan atau baking sheet yang sudah dilumuri sedikit minyak atau margarin. Lalu taburkan garam secukupnya pada fillet tadi. Pada mangkuk kecil, campurkan vinegar, madu dan chili powder; aduk merata. Lalu bayur campuran tadi dengan merata ke atas fillet. Lalu panggang pada suhu 205°C (400°F) selama sekitar 10 sampai 15 atau hingga ikan agak lunak menuju hancur jika dites dengan garpu.

Gampang kan? Gampang,,, tapi bahannya mahal… Hehehe…Saya juga punya resep pan fried salmon, yang ini pure punya sendiri, tapi nanti aja deh sharing resepnya, karena bahannya juga mahal, walaupun hanya salmon, lemon, dill, dan garam, lalu di-“goreng”.

Kedua santapan salmon ini akan sangat nikmat jika dikombinasikan dengan potato wedges.

Selamat mencoba [kalo ada yang bikin, undang2 gw untuk “menilai” ya..]😀

Tingkat kesulitan: Mudah

*Perut pun mulai keroncongan karena lapar.. mau makan Roti Tawar Mesis tapi ga punya rotinya.. hehehe..

Posted by: Ella | March 12, 2008

Burritos, Si Masakan Mexico

Wahaha, bukannya bikin tugas, gw malah sempet”nya posting. Eits, ini bukan blog pribadi, jadi ga boleh basa-basi kepanjangan, ya? Langsung aja, gw mau share resep yang sebenernya udah gw bikin beberapa minggu yang lalu. Bikinnya sambil difoto-foto, niatnya mau masukin ke blog, tapi blom terkumpul semangatnya sampe skarang (^^;) Karena skarang ada blog BINER, jadi posting di sini aja, deh.

Jadi, gw masak apa, Burritos? Apaan tuh? Burritos itu masakan Mexico yang terbuat dari tortilla, daging, dan sayur”an. Bikinnya gampang kok, ni bahan”nya, lengkap sama tempat beli dan harganya, tapi seinget gw aja ya, hehehe:

  • 450 gram daging sapi cincang -> Rp30.000an
  • Tortilla yang gede, isi 12, dijual di supermarket (Yogya/Setiabudi) -> Rp7.000an
  • Bumbu Taco bubuk (merk French yang paling murah, Setiabudi) -> Rp7.000an
  • Saus Taco, cari yang paling murah (gw cuma beli kalo lagi diskon, Yogya/Setiabudi) -> Rp25.000an
  • Keju parut (terserah mau jenis apa) -> Rp12.000an
  • Sayur”an (selada bokor, tomat, bawang bombay, kacang merah) ->Rp10.000an puasss

Langsung aja cara masaknya, deh! Read More…

Posted by: anis | March 11, 2008

Kentang Panggang

Karena malas menuliskan lagi tentang Macaronni Schootel yang udah saya tulis di blog saya, saya nulis sekuelnya aja ya yang sebenernya sangat mirip… si Kentang Panggang… sayang yang makan masakan ini cuma tiga orang dari anggota kelompok Al Dente dan satu orang 2004 yang sedang berada di himp, jadi klo mau tahu rasanya tanyakan pada mereka yak… (hehe sengaja bikin iri)

Oke bahan-bahannya:

1/2 kg kentang, 3 butir telur ayam, 250 ml santan (pake susu juga bole), keju secukupnya, bawang bombay satu buletan, bawang putih 2 siung, minyak sayur secukupnya, minyak wijen secukupnya, mentega buat olesan secukupnya, daun basil (klo g ada bisa diganti oregano, ga ada juga? ya udah pake seledri aja…) secukupnya

Bumbu:

Garam, merica, pala bubuk, bumbu kaldu

Cara memasak:

  • rebus kentang yang udah dikupas sampai lunak, klo udah lunak trus diancurin seancur-ancurnya…
  • klo mau pake ayam ato jenis daging yang lain… rebus juga ayamnya. kalau udah empuk terus ayamnya dicincang
  • tumis bawang putih dan bawang bombay yang udah dicincang halus sampai harum
  • masukin minyak wijen (bisa juga dipake sejak awal numis, jadi nggak perlu pake minyak sayur)
  • masukin ayam cincang, tumis sampai agak kecokelatan
  • masukin santan
  • masukin kentang ancur
  • masukin bumbu (garam, merica, bumbu kaldu, pala bubuk sesuai selera) aduk sampai rata. Masukin juga daun basil-nya (yang klo ga ada bisa diganti ma oregano ato seledri)
  • masak sampai adonan mengental. Kalo dah kental matiin kompor dan diamkan adonan beberapa saat sampai agak dingin (nah klo malas nerusin, sampai sini aja… dimasaknya jangan sampai kental banget, ini yang saya namain sup kentang… enak banget klo dimakan sama roti perancis (ya klo ga ada roti tawar pun jadilah))
  • kalo udah dingin, masukin telur (yang udah dikocok sebelumnya). Kenapa telur baru dimasukin klo udah dingin? Biar nggak matang telurnya )
  • terus masukin juga keju parut sesuai selera (mau agak asin ya keju-nya yang banyak) aduk adonan sampai merata
  • olesi pinggan tahan panas (ciyee bahasanya) dengan mentega. Masukin adonan, terus taburi keju parut di atasnya sesuka hati.
  • panggang sampai matang (yaaa sekitar 15-30 menit deh)
  • makan…. :p sajikan dengan sambal cabe

Mirip kan sama Macaronni Schootel? (hehe secara saya ngopi juga dari postingan saya :p) Nah udah tahu kan cara masak standar-nya, sekarang kita bisa nge-variasiin berbagai isinya… bisa pake wortel yang udah dicincang, daging yang dimasukkin juga bisa macam-macam kok. Yaaa… asal kira-kira aja ya… jangan tiba-tiba masukkin cumi atau kepiting yang masih seger😛

Lama memasak: klo dah expert sih keknya 90 menitan, klo saya masih butuh sekitar 2 jam-an

Porsi: 10-20 orang, tergantung tingkat ke-lapar-an dan ke-rakus-an :p

Tingkat kesulitan: lumayan bikin malas, tapi klo inget jadinya enak banget jadi semangat🙂

Posted by: Prasetyo Andy W. | March 9, 2008

P3K the Series: Roti Tawar Mesis

Okeh, karena hasrat menulis saya sedang tinggi dan hasrat eksplorasi dan memasak saya cukup besar, namun tidak dibarengi oleh skill memasak yang mumpuni. Saya akan melansir postingan berseri dengan kategori P3K, alias Pertolongan Pertama Perut Keroncongan. Fenomena ini pasti terjadi pada kehidupan sehari-hari kita, terutama terjadi pada para mahasiswa yang ngekos, lalu malas atau tidak bisa keluar untuk cari makan [mungkin karena udah ujyan, becyek, dan ga ada ojyek..].

Maka untuk menyiasati fenomena Perut Keroncongan, diperlukan P3K. P3K bisa berupa cemilan, ataupun makanan lainnya, dengan syarat mudah untuk diproses untuk dikonsumsi (instan) dan sebisa mungkin masih ada kandungan gizinya.

Oya, perkenalkan, saya adalah [PaW], sepertinya akan lebih concern ke arah quality dan quantity control, karena skill memasak saya yang.. hmm.. unquestionable! hoho..

Tak perlu panjang lebar lagi [kayaknya udah panjang lebar banget intro dari post-ini] kita masuk ke pembahasan. Kiat2 dalam P3K yang pertama saya bahas adalah “Roti Tawar Mesis“. Roti adalah makanan yang terbuat dari gandum yang mudah dikreasikan menjadi makanan yang cukup dapat mengganjal perut dari kelaparan. Di Indonesia, sebagian besar jenis roti yang ada di pasaran adalah French Bread atau Roti Tawar, CMIIW😀. Karena ada juga danish dan jenis roti yang lain. Sejauh pengetahuan saya, Roti Tawar jenis ini mempunyai kadar gizi yang lebih rendah, dibandingkan dengan roti2 danish atau roti2 yang ada di jerman [lupa namanya, pokoknya yang coklat dan keras itu deh..]

Tentu makan roti saja tidak cukup, karena akan terasa hambar. Maka daripada itu, selalu sediakan mentega dan mesis di kamarmu! Roti, mesis dan mentega adalah salah satu sahabat sejati dalam kelaparan. Mesis sendiri juga bisa menjadi cemilan bagi beberapa orang [tidak termasuk saya].

Resep

Resep dalam membuat makanan ringan ini adalah:

  • Roti secukupnya [bisa 1 tangkup, 2 tangkup dan selebihnya terserah selera]
  • Mesis secukupnya [makin banyak makin asik dan manis]
  • Mentega secukupnya [makin banyak tentu daya lekat mesis ke roti lebih baik]


Cara Pembuatan

Cara membuatnya? Mudah sekali. Ambil satu helai roti, lalu dengan sendok atau garpu atau pisau, lumuri mentega ke permukaan roti dengan merata. Setelah satu helai terlumuri mentega, tabur mesis ke permukaan roti yang dilumuri mentega secara merata dan secukupnya.

[diupdate dengan foto yang mungkin lebih bagus :D]

Setelah satu helai selesai ditaburi mesis, anda dapat melakukan hal yang sama untuk helai berikutnya, atau anda dapat langsung menumpuk helai tadi dengan satu helai roti lagi yang bisa dilengkapi mesis ataupun polos. Roti Tawar Mesis pun siap untuk disajikan!

Budget

Makanan ini tergolong terjangkau dan mudah bagi orang-orang yang ingin mengonsumsinya. Satu kantong roti tawar berharga sekitar 4800 – 7000 rupiah. Mesis dapat dibeli dengan harga sekitar 2000 – 5000 rupiah, tergantung merk dan rasa, karena ada mesis yang warna warni dan warna coklat. Dan mentega dapat dibeli dengan harga Rp. 3000. Total dengan sekitar Rp. 10.000-an saja anda punya stok makanan untuk paling lama 4 hari ke depan. Karena umur konsumsi roti tawar yang pendek, sekitar 4 hari saja, karena roti sangat tidak tahan jamur, apalagi dengan kondisi iklim tropis yang lembab.

OK, sekian P3K the Series untuk kali ini, tunggu resep P3K lainnya yang segera menyusul untuk ditulis di sini. Selamat mencoba😀

Tingkat Kesukaran: Sangat Mudah!

Posted by: Umi Syam | March 9, 2008

baked apple sandwich

baked apple sandwich

Cihuuy… Postingan resep perdana nih. Padahal mustinya teh Anis duluan nih,, ya nanti sok jangan lupa diposting ulang disini yah! Tinggal ganti Post Timestamp-nya, hehe. Jadi yang mau gw share adalaaah..

Tadi pagi gw masak! ahaha.. simple sih, cuman roti-panggang-setup-apel-dengan-keju-plus-remahan-coklat. Yang penting namanya keren, Baked Apple Sandwich.. Padahal apelnya gak gw bake, tapi cukup gw tumis panasin diatas kompor, pake mentega dikit biar kaya isi Apple Pie..hehe. Setelah itu, pas apelnya masih panas2, taro keju lembaran diatasnya, biar empuuk. Kalo yang remah-remah coklat itu mah iseng aja, abisnya biar warnanya menarik. Malah kadang2 rasanya lebih enak ga pake coklat. Terakhir, pesan sponsor,, paling enak kalo roti yang dibakar pake toaster itu merknya ‘bread****’, soalnya chubby2 gituuh.. kya, lezat!!

Waktu masak n nyiap-nyiapin : 20 menit (soalnya gw masi lelet)

Waktu makan : kurang dari 5 menit (soalnya gw laper, ahaha)

Kalori : ga seimbang kalo kerjaan lo setelah sarapan ini adalaah…. go back to sleep😀

Older Posts »

Categories