Posted by: Prasetyo Andy W. | March 9, 2008

P3K the Series: Roti Tawar Mesis

Okeh, karena hasrat menulis saya sedang tinggi dan hasrat eksplorasi dan memasak saya cukup besar, namun tidak dibarengi oleh skill memasak yang mumpuni. Saya akan melansir postingan berseri dengan kategori P3K, alias Pertolongan Pertama Perut Keroncongan. Fenomena ini pasti terjadi pada kehidupan sehari-hari kita, terutama terjadi pada para mahasiswa yang ngekos, lalu malas atau tidak bisa keluar untuk cari makan [mungkin karena udah ujyan, becyek, dan ga ada ojyek..].

Maka untuk menyiasati fenomena Perut Keroncongan, diperlukan P3K. P3K bisa berupa cemilan, ataupun makanan lainnya, dengan syarat mudah untuk diproses untuk dikonsumsi (instan) dan sebisa mungkin masih ada kandungan gizinya.

Oya, perkenalkan, saya adalah [PaW], sepertinya akan lebih concern ke arah quality dan quantity control, karena skill memasak saya yang.. hmm.. unquestionable! hoho..

Tak perlu panjang lebar lagi [kayaknya udah panjang lebar banget intro dari post-ini] kita masuk ke pembahasan. Kiat2 dalam P3K yang pertama saya bahas adalah “Roti Tawar Mesis“. Roti adalah makanan yang terbuat dari gandum yang mudah dikreasikan menjadi makanan yang cukup dapat mengganjal perut dari kelaparan. Di Indonesia, sebagian besar jenis roti yang ada di pasaran adalah French Bread atau Roti Tawar, CMIIW😀. Karena ada juga danish dan jenis roti yang lain. Sejauh pengetahuan saya, Roti Tawar jenis ini mempunyai kadar gizi yang lebih rendah, dibandingkan dengan roti2 danish atau roti2 yang ada di jerman [lupa namanya, pokoknya yang coklat dan keras itu deh..]

Tentu makan roti saja tidak cukup, karena akan terasa hambar. Maka daripada itu, selalu sediakan mentega dan mesis di kamarmu! Roti, mesis dan mentega adalah salah satu sahabat sejati dalam kelaparan. Mesis sendiri juga bisa menjadi cemilan bagi beberapa orang [tidak termasuk saya].

Resep

Resep dalam membuat makanan ringan ini adalah:

  • Roti secukupnya [bisa 1 tangkup, 2 tangkup dan selebihnya terserah selera]
  • Mesis secukupnya [makin banyak makin asik dan manis]
  • Mentega secukupnya [makin banyak tentu daya lekat mesis ke roti lebih baik]


Cara Pembuatan

Cara membuatnya? Mudah sekali. Ambil satu helai roti, lalu dengan sendok atau garpu atau pisau, lumuri mentega ke permukaan roti dengan merata. Setelah satu helai terlumuri mentega, tabur mesis ke permukaan roti yang dilumuri mentega secara merata dan secukupnya.

[diupdate dengan foto yang mungkin lebih bagus :D]

Setelah satu helai selesai ditaburi mesis, anda dapat melakukan hal yang sama untuk helai berikutnya, atau anda dapat langsung menumpuk helai tadi dengan satu helai roti lagi yang bisa dilengkapi mesis ataupun polos. Roti Tawar Mesis pun siap untuk disajikan!

Budget

Makanan ini tergolong terjangkau dan mudah bagi orang-orang yang ingin mengonsumsinya. Satu kantong roti tawar berharga sekitar 4800 – 7000 rupiah. Mesis dapat dibeli dengan harga sekitar 2000 – 5000 rupiah, tergantung merk dan rasa, karena ada mesis yang warna warni dan warna coklat. Dan mentega dapat dibeli dengan harga Rp. 3000. Total dengan sekitar Rp. 10.000-an saja anda punya stok makanan untuk paling lama 4 hari ke depan. Karena umur konsumsi roti tawar yang pendek, sekitar 4 hari saja, karena roti sangat tidak tahan jamur, apalagi dengan kondisi iklim tropis yang lembab.

OK, sekian P3K the Series untuk kali ini, tunggu resep P3K lainnya yang segera menyusul untuk ditulis di sini. Selamat mencoba😀

Tingkat Kesukaran: Sangat Mudah!


Responses

  1. paw,, sumpa yah.. lebih berbobot postingan gw, haha.. smua orang jg tau cara masak roti-mentega-meses yang lo banggakan itu, hehe..

    “Roti adalah makanan yang terbuat dari gandum yang…”
    RALAT: roti yg terbuat dari gandum itu Whole Wheat bread, yg coklat bertekstur itu. Nah kali roti tawar biasa,, itu dari tepung putih..yang lebih sukar dicerna sehingga roti ini lebih bikin gendut karna kadar gulanya lebi banyak.

    *gimana gaya gw, oke bangett kan?! hahahhh*
    najis..

  2. hahahaaa, roti tawar mesis..
    sambil merem juga, jadi ama gw tu roti,
    hahahhaa,
    eh, kok yang di daftar chef gw ga ada???
    itu lw yang masukin apa daftar sendiri???

  3. PaW said: “lumuri mentega ke permukaan roti dengan MERATA. Setelah satu helai terlumuri mentega, tabur mesis ke permukaan roti yang dilumuri mentega secara MERATA”

    kok cara pembuatannya nggak sesuai ma jadinya PaW? hehe piss😛

    hoo emang indonesia ini menyedihkan ya, roti-nya aja yang kadar gizi-nya rendah dibandingin bangsa lain… jadi sedih

  4. wahh,,., menarik sekali resepnya.. coba dikombinasikan dengan kata panggang ato bakar ato goreng.. kan jadi lebih enak.. hehhehe…

  5. hoo, bagus2 paw,
    klo postingan pertamanya yg level tinggi banget,
    mungkin aku ga akan pernah posting di sini,

    huihuihuihui (dlm bahasa kuliner dibaca kukikukikuki)

  6. wuih, mo nyoba ngreply comment dengan cara edit dan nambahin reply di tiap comment ternyata males juga.. jadi pake metode reply comment seperti biasanya saya lakukan

    @ ume : maaf2… maksud saya adalah seperti itu… hehehe… Tapi saya lebih suka whole wheat bread (cuih, susah kali ngomongnya ini), karena jika dipasangkan dengan salmon asap, Jam, butter, sliced cheese ataupun nutella, pasti akan nampol pol2an! hoho.. Setelah makan roti ini, lalu kita minum orange juice, dan ditutup dengan yoghurt strawberry.. Hmm.. Yummy, a perfect breakfast! Jadi kangen bisa sarapan kayak gitu tiap hari.. hehe..

    @ ewa_tea : ga mungkin wa, kl lo merem doang, ga ada yang bisa jadi wa. hehe.. kalo mau ikut nulis, nanti kita kasi invitationnya ke lo wa.

    @ aniska : maaf, itu stock photo yang saya punya, jadi daripada mengambil dari internet, lebih baik memakai foto yang saya ambil sendiri. Dan itu foto lama, jadi ya.. hehe..

    @ joel : Nah, ga semua anak kos yang punya toaster atau dapur di tempat kosannya. Tapi jika dipanggang atau digoreng juga enak. Apalagi kalo dipanggang, lalu dikasi butter.. hmm..

    @ uchenk : ya dong, post pertama yang penting bisa menarik orang untuk membaca, sehingga jumlah hits blog ini bisa bagus😀

  7. […] saja. Susu kental manis dapat diminta dari anak kosan sebelah. Lalu mesis dapat memakai sisa roti tawar mesis […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: