Posted by: anis | March 11, 2008

Kentang Panggang

Karena malas menuliskan lagi tentang Macaronni Schootel yang udah saya tulis di blog saya, saya nulis sekuelnya aja ya yang sebenernya sangat mirip… si Kentang Panggang… sayang yang makan masakan ini cuma tiga orang dari anggota kelompok Al Dente dan satu orang 2004 yang sedang berada di himp, jadi klo mau tahu rasanya tanyakan pada mereka yak… (hehe sengaja bikin iri)

Oke bahan-bahannya:

1/2 kg kentang, 3 butir telur ayam, 250 ml santan (pake susu juga bole), keju secukupnya, bawang bombay satu buletan, bawang putih 2 siung, minyak sayur secukupnya, minyak wijen secukupnya, mentega buat olesan secukupnya, daun basil (klo g ada bisa diganti oregano, ga ada juga? ya udah pake seledri aja…) secukupnya

Bumbu:

Garam, merica, pala bubuk, bumbu kaldu

Cara memasak:

  • rebus kentang yang udah dikupas sampai lunak, klo udah lunak trus diancurin seancur-ancurnya…
  • klo mau pake ayam ato jenis daging yang lain… rebus juga ayamnya. kalau udah empuk terus ayamnya dicincang
  • tumis bawang putih dan bawang bombay yang udah dicincang halus sampai harum
  • masukin minyak wijen (bisa juga dipake sejak awal numis, jadi nggak perlu pake minyak sayur)
  • masukin ayam cincang, tumis sampai agak kecokelatan
  • masukin santan
  • masukin kentang ancur
  • masukin bumbu (garam, merica, bumbu kaldu, pala bubuk sesuai selera) aduk sampai rata. Masukin juga daun basil-nya (yang klo ga ada bisa diganti ma oregano ato seledri)
  • masak sampai adonan mengental. Kalo dah kental matiin kompor dan diamkan adonan beberapa saat sampai agak dingin (nah klo malas nerusin, sampai sini aja… dimasaknya jangan sampai kental banget, ini yang saya namain sup kentang… enak banget klo dimakan sama roti perancis (ya klo ga ada roti tawar pun jadilah))
  • kalo udah dingin, masukin telur (yang udah dikocok sebelumnya). Kenapa telur baru dimasukin klo udah dingin? Biar nggak matang telurnya )
  • terus masukin juga keju parut sesuai selera (mau agak asin ya keju-nya yang banyak) aduk adonan sampai merata
  • olesi pinggan tahan panas (ciyee bahasanya) dengan mentega. Masukin adonan, terus taburi keju parut di atasnya sesuka hati.
  • panggang sampai matang (yaaa sekitar 15-30 menit deh)
  • makan…. :p sajikan dengan sambal cabe

Mirip kan sama Macaronni Schootel? (hehe secara saya ngopi juga dari postingan saya :p) Nah udah tahu kan cara masak standar-nya, sekarang kita bisa nge-variasiin berbagai isinya… bisa pake wortel yang udah dicincang, daging yang dimasukkin juga bisa macam-macam kok. Yaaa… asal kira-kira aja ya… jangan tiba-tiba masukkin cumi atau kepiting yang masih seger😛

Lama memasak: klo dah expert sih keknya 90 menitan, klo saya masih butuh sekitar 2 jam-an

Porsi: 10-20 orang, tergantung tingkat ke-lapar-an dan ke-rakus-an :p

Tingkat kesulitan: lumayan bikin malas, tapi klo inget jadinya enak banget jadi semangat🙂


Responses

  1. di kategoriin dong,, makanan berat,, cemilan,, ato apa kek,,

    -alsa

  2. hemm.. kalo anak kosan, kan males tuh beli kentang.. apalagi ngerebusnya…… Apalagi ngacur-ngancurinnya!! gyaa….

    nah., jadi mo nanya nis,, bole pake kentang instan ga?! ahahaha… keknya lebih gampang, duit beli kentang dipake buat beli kentang instan.

    Praktis! Tinggal seduh..

  3. @alsa: soalnya bingung mau masuk kategori apa menurut alsa bagusnya apa?

    @umi: hummm ide bagus, gimana klo kita bikin proyek bikin kentang instant? keknya tahap requirement-nya kita lewatin aja, udah jelas kan kebutuhannya😀


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: