Posted by: -iQbaL- | March 15, 2008

Nasi Goreng Rasa Spaghetti

Hehe, resep pertama dari gw, dijamin ampuh ngobatin laper tapi harganya agak mahalšŸ˜€. Karena ini postingan pertama dan gw belom bikin di rumah, jadi ga pake image dulu yah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan (untuk porsi 1 orang (yang laper banget) atau 2-3 orang (yang lapernya biasa aja):
-Nasi putih (1 piring besar)
-Telor ayam (2-3 biji, tergantung selera dan kadar kelaparan lo)
-Bawang merah (5-7 siung)
-bawang putih (4-6 siung)
-bawang bombay (1/2-1 biji)
-cabe merah (5-10 biji)
-minyak goreng (secukupnya)
-minyak wijen (secukupnya)
-kecap manis ()
-kecapĀ inggrisĀ (dikitĀ aja)
-garamĀ (2-4Ā sendokĀ teh)
-vetsinĀ (3-5Ā sendokĀ teh)
-saosĀ sambelĀ merkĀ capĀ jempolĀ atauĀ merekĀ 2Ā belibisĀ (2-4Ā sendokĀ makan)
-daging giling (secukupnya)
-oreganoĀ bubukĀ (secukupnya)
-oreganoĀ leavesĀ (secukupnya)
-pasta tomat (1 sendok makan)
-bumbu spaghetti (2-4 sendok makan)

Cara masaknya gampang, pertama cincang bawang bombay atau potong melintang. Lalu, kupas bawang putih dan merah, potong-potong cabe merah masukin ulekan, campur sama garem, vetsin dan oregano bubuk, terus ulek. Buat proses pengulekan ini, terserah mau sampai halus banget atau ngga.

Kemudian, siapkan panci yang lumayan lebar, kalau bisa teflon (ga tau sebabnya apa milih teflon, tapi kayaknya keren aja kalo pake teflonšŸ˜† ). Terus, panasin minyak goreng. Pas udah panas, masukin semua bawang bombay, tumis ampe menguning. Kemudian masukin deh tuh hasil ulekan yang tadi, tumis juga sampai wangi (percaya deh, pas bagian ini wangi abis). Lalu, masukin daging giling, aduk-aduk. Setelah itu, masukin saos sambel, pasta tomat, minyak wijen, dan bumbu spaghetti (pasta tomat ini bener-bener kayak odol lembeknya, jadi butuh ketabahan untuk ngeratainnya). Aduk-aduk dikit, terus masukin telor, orak arik deh telornya sampai rata. Aduk-aduk terus telornya sampai mateng.

Setelah itu, masukin nasinya, aduk-aduk nasinya sampe nyampur sama bumbu-bumbu yang kita buat tadi. Kalau udah rata, masukin oregano leaves dan kecap manis ke wajan tadi, aduk-aduk lagi. Terus aduk-aduk sampe rata, dan terus aduk-aduk sampai nasi cukup mateng.

Setelah ini, masakan bisa kita tuang ke atas piring besar, atau dibagi-bagi ke piring-piring kecil. Masakan ini murni hasil eksperimen gw, bisa ditambah daging-daging lain saat masukin daging giling (untuk mengurangi ke-halal-annya, bisa juga dicampur minak babi, atau daging babi (tapi yang ini gw belum pernah nyoba)šŸ˜† ). Terus bisa juga ditaburin di atasnya bawang goreng, dan telor dadar yang udah dipotong-potong.

Selamat menikmati kawan-kawan!šŸ˜€


Responses

  1. wah chef… serius nih buat satu piring, garam-nya 2-4 sendok teh? dan vetcin-nya 3-5 sendok teh? apa nggak keasinan tuh? atau ukuran piringnya –> baskom yašŸ˜›

  2. haha.. kayak ga tau iqbal aja.. tergantung definisi piring dan sendok teh sihšŸ˜›

  3. “Nasi putih (1 piring besar)”
    emmm besarnya yaaaaa….. besar.. hehehehe

  4. baaallll… mana ada nasi buat seporsi, bawang putihnya 4-6 siung, bawang merah 5-7 siung?! beuh,, nasi goreng anti kanker emangnya….

    hahaha..tapi bolehlaah… ayo ni mana yang laen kok belum mengutarakan resepnya? hoho..

  5. maklumlah, piring ama sendoknya dari mesir..
    namanya juga chef timur tengah..
    hehe,,
    peace..šŸ™‚


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: